hhttp://suaramirza.blogspot.com

Popular Posts

Pages

Muhammad Mirza. Diberdayakan oleh Blogger.

Pendengar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Membersihkan Racun di Udara dengan Tanaman

Lidah Mertua/Sansevieria

Lili Paris

Anthurium
Tanpa sadar,udara yang kita hirup mengandung berbagai bahan kimia berbahaya. Baik di jalan, di kantor, bahkan di dalam rumah. Rumah yang merupakan tempat yang dianggap paling "Aman" pun tidak luput dari ancaman zat-zat berbahaya. 

Cat dinding,lem furnitur,maupun bahan pembersih yang digunakan sehari-hari mengandung bahan kimia tertentu yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Ditambah zat kimia yang digunakan untuk membuat kertas,kardus,maupun tisu. Polutan udara lain yang dapat ditemukan di rumah antara lain asap rokok dan asap kendaraan bermotor. 

Gangguan yang dialami berbeda bagi setiap orang,tergantung kepekaannya dan jumlah paparan zatnya. Mulai dari mata pedih,pusing,mual,sampai pada gangguan kesehatan yang lebih parah. Untuk mengurangi pengaruh yang tidak baik ini,tidak ada jalan selain memperbaiki keadaan udara.

 Selain membuat ruang terbuka disekeliling rumah agar udara cepat bertukar,perbaikan mutu udara di dalam rumah juga dapat dibantu dengan tanaman-tanaman yang diletakkan di sekitar rumah. beberapa tanaman mampu menyerap zat polutan,misalnya tanaman berikut.      


1.  Sansevieria, alias lidah mertua. Tanaman berdaun tebal dan meruncing bak pedang ini memiliki kemampuan menyerap gas karbon monoksida (CO) maupun karbon dioksida (CO2). Kedua polutan ini dihasilkan antara lain oleh asap kendaraan bermotor. Karena kegunaannya ini,Sansevieria banyak dijadikan tanaman dalam ruang dan tanaman pagar.        

2. Lili Paris,Tanaman berdaun ramping berwarna perpaduan hijau dan putih ini banyak dijadikan tanaman pot di sudut ruang. Tanaman ini pun sering diletakkan pada pot gantung. Karena kegunaannya mengurangi Radiasi Komputer,taruh Lili Paris di meja kerja. Tanaman ini pun dipercaya mampu menyerap gas beracun.

3.  Anthurium,tanaman ini merupakan jenis Anthurium yang berdaun kecil dan memiliki bunga berwarna putih. Anthurium juga disebut Peace Lili. Tanaman ini dianggap mampu mengurangi zat berbahaya seperti Aseton,Klorom,atau alkohol yang banyak terdapat pada alat-alat tulis kantor.              


 Aku sarankan Lidah Mertua dan Lili Paris,karena lebih murah dan lebih mudah didapatkan daripada Anthurium,bailklah Selamat Bercocok Tanam Semuanya! :)


           
< >

Tidak ada komentar:

Posting Komentar