hhttp://suaramirza.blogspot.com

Popular Posts

Pages

Muhammad Mirza. Diberdayakan oleh Blogger.

Pendengar

Khasiat Shalat Tahajud

Shalat Tahajud berasal dari kata Tahajjad yang diambil dari kata Hujud yang berarti "Tidur". Kata Tahajjad dipahami oleh al-Biqai dalam arti tinggalkan tidur untuk melakukan Shalat . Shalat ini dinamakan pula Shalat Lail atau Shalat Malam,karena Shalat tersebut dilakukan pada di waktu malam yang sama dengan waktu tidur. Ada pula yang memahami kata tersebut dalam arti "Bangun" dan "Sadar" sesudah tidur. Tahajjud kemudian menjadi nama shalat tertentu,karena yang melakukannya bangun dari tidurnya untuk menjalankan shalat. Shalat ini terdiri dari dari dua sampai delapan rakaat dan dikerjakan di dua pertiga malam,separuh malam,atau sepertiganya. 

Orang-orang yang mengikuti Ajaran Nabi Muhammad Saw mengerjakan Shalat Tahajjud akan diganjar dengan mendapatkan tempat terpuji kelak di Akherat,seperti yang tercantum pada QS 17: 78-79. "Dan pada sebahagian malam hari bershalat tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji".

Tak hanya mendapat Derajat Mulia di hadapan Allah Swt,namun Pelaku Shalat Tahajjud juga akan mendapatkan manfaat yang baik bagi kesehatan jasmani seperti yang telah diteliti beberapa dokter,yaitu.  


  •  Shalat malam bisa meningkatkan ketahanan atau kekebalan tubuh terhadap beberapa penyakit yang menyerang jantung,otak,dan bagian-bagian tubuh lain,karena orang yang bangun malam bisa menghentikan kebiasaan tidur terlalu lama yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

  •  Bangun malam bisa menjadikan tubuh segar bugar dan bersemangat,serta terhindar dari penyakit-penyakit punggung pada usia tua,dalam salah satu penelitian kesehatan terbukti bahwa orang-orang tua yang terbiasa shalat malam pada Bulan Ramadhan biasanya lebih aman dari serangan penyakit pada tulang punggung daripada orang-orang tua yang tak shalat malam.      
      
  • Shalat Tahajjud memiliki kandungan yang berhubungan dengan kegiatan Meditasi dan Relaksasi yang cukup besar dan memiliki kandungan yang bisa digunakan sebagai cara penanggulangan Zat Pereda Stres.         


  •  Dalam bidang Bio-Teknologi,Shalat Tahajjud bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan tanggap ketahanan tubuh dan menghilangkan rasa nyeri pasien yang menderita Penyakit Kanker.   


  • Shalat Tahajjud yang dijalankan dengan penuh kesungguhan,khusyu,tepat,ikhlas dan terus-menerus bisa menumbuhkan Perasaan Tenang di Dalam Hati,sehingga tak mudah Stres.    
< >

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar