hhttp://suaramirza.blogspot.com

Popular Posts

Pages

Muhammad Mirza. Diberdayakan oleh Blogger.

Pendengar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Menyigi Referendum Skotlandia

Pada Tahun 2014,Rakyat Skotlandia berencana mengadakan Referendum dengan Pilihan Merdeka atau tetap bergabung dengan Kerajaan Inggris dan ini sangat menarik,karena ternyata yang melatarbelakangi itu adalah Masalah Jati Diri sebuah Bangsa yang bernama "Skotlandia". 

Bangsa Keltik Skotlandia sudah ada jauh sebelum kedatangan Bangsa-Bangsa Jermanik/Anglo-Saksen dan mempunyai Peradaban yang berbeda dengan Bangsa-Bangsa Jermanik/Anglo-Saksen,Bahasa Ibu mereka adalah Bahasa Gaelik Skotlandia (mirip dengan Bahasa Saudara Serumpun mereka,yaitu Bangsa Keltik Irlandia).   

Setelah berada dalam Kekuasaan Inggris (sangat Menarik! Bentuk Hubungan Kerajaan Inggris/Dinasti Windsor dengan Rakyat Skotlandia adalah sebuah Hubungan yang pada dasarnya adalah Setara-seperti dengan Australia).  

Skotlandia berkembang menjadi salah satu Negara nan Makmur dan Maju (Sumber Daya Manusia Skotlandia sangat Terkenal di Dunia,khususnya di Liga Inggris-ELP).     

 Partai SNP (Scotland National Party) adalah Partai Kaum Nasionalis Skotlandia yang selalu mengadang-gadang Gagasan Skotlandia Merdeka dan mereka (semua Pendukung SNP),bahwa mereka akan Menang Mutlak dalam Referendum dengan Pilihan Merdeka atau Tetap berada di dalam Kesatuan Britania Raya/UK.
 
Setelah Peristwa Referendum Kosovo pada sekitar Januari 2008 yang menghasilkan sebuah Negara Kosovo yang Merdeka dari Serbia dan Referendum Sudan Selatan,yang diharapkan banyak pihak sebagai Jalan Keluar Terbaik dari Krisis Darfur akan dilakukan lagi sebuah Referendum pada 2014 yang akan menambah jumlah Negara di Pulau Britania (diperkirakan di Pulau Britania akan ada 4 Negara yang Merdeka,yaitu Inggris,Irlandia dan Wales serta Skotlandia). 

Ini menunjukkan bahwa semakin banyak pihak yang menyadari bahwa Nasionalisme Kenegaraan bukanlah Harga Mati/Mutlak dan Nasionalisme Kenegaraan pada dasarnya adalah sesuatu yang Cair pula.

Di Masa Kini dengan Kemajuan Teknologi semua Bangsa dari Beragam Negara bisa Saling Bertemu di Jejaring Sosial dan menjadi Warga Dunia.        

John Lennon yang adalah Keturunan Irlandia,tetapi berkewarganegaraan Inggris selalu membayangkan,seandainya tak ada Negara-Negara dan diatas hanya ada Langit :)     



Silah mengikuti Pak Alex Salmond (Ketua Partai SNP) di Twitter  @AlexSalmond   


Catatan Kaki : "Menyigi" adalah Menyingkap atau Mengungkap.
< >

Tidak ada komentar:

Posting Komentar