hhttp://suaramirza.blogspot.com

Popular Posts

Pages

Muhammad Mirza. Diberdayakan oleh Blogger.

Pendengar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Rakyat Indonesia,Malaysia dan Pilipina seharusnya mendukung Bahasa ASEAN adalah Bahasa Melayu

Dalam rangka kerja sama regional antara Indonesia,Malaysia,dan Pilipina di bawah naungan ASEAN,saling mengenal dan saling mengerti kebudayaan diantara ketiga negara itu merupakan dasar pokok yang tidak dapat dikesampingkan.

Alat Vital untuk dapat saling mengenal dan saling mengerti kebudayaan itu adalah"Bahasa". Melalui bahasa itu,kita dapat mengikuti dan menyelami perkembangan kebudayaan yang bersangkutan sehingga kita mungkin berhasil mengambil hal-hal yang berguna untuk mempertinggi kebudayaan kita,dan membuang hal-hal yang akan menghambat kemajuan kita.

Bahasa Indonesia,Bahasa Malaysia,dan Bahasa Pilipino/Tagalog yang berasal dari rumpun Bahasa Austronesia/Melayu-Polynesia,memberikan banyak kemungkinan untuk saling mengisi dan saling memperkaya dalam rangka pembinaan Bahasa Nasional masing-masing dan kemungkinan pula dalam rangka pembentukan Bahasa Melayu menjadi Bahasa Resmi ASEAN.

Menurut Pengetahuan Penulis yang menulis Buku berjudul "Beberapa Aspek Menarik Dalam Bahasa Indonesia-Malaysia dan Pilipino",yaitu Drs.Ukun Suryaman,studi perbandingan yang telah dilakukan antara Bahasa Indonesia,Bahasa Malaysia dan Bahasa Pilipino/Tagalog masih sangat sedikit. Sebagai perintis dapat dikemukan dua karya yaitu :      

1. Paruluman S.Aspillera. 1967. A Common Vocabulary for Malay-Pilipino-Bahasa Indonesia. University of the Philippines.
 2. Septi Ruzui. 1968. A Survey of Relations between Indonesian,Malay and Some Philippine Languages. Kuala Lumpur.

Dalam penelitian ini Drs.Ukun Suryaman mengambil beberapa aspek yang menarik dalam bidang kosa kata yang bersumberkan : 

1. Hasil Penelitian Beliau yang dilakukan di Pilipina antara 1966-1970 dan Malaysia pada Bulan April 1977;
2. Beberapa buku pelajaran bahasa (Malaysia dan Pilipino);
3. Kamus (Indonesia,Malaysia,dan Pilipino);
4. Koran Malaysia (terbitan 1977) dan Koran Indonesia (terbitan antara 1980-1981).

Penelitinan kecil ini bertujuan bertujuan memperoleh sedikit banyak gambaran tenang perbedaan dan persamaan antara Bahasa Indonesia,Bahasa Malaysia,dan Bahasa Pilipino/Tagalog dalam rangka pembinaan Bahasa Nasional masing-masing Tiga Negara ASEAN tersebut.
< >

Tidak ada komentar:

Posting Komentar